November 12, 2017

Sekilas Program Studi D4 Teknik Elektronika

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya didirikan pada tahun 1988, semula bernama Politeknik Elektronika dan Telekomunikasi dengan dua program pendidikan Diploma III yaitu jurusan Teknik Elektronika dan jurusan Teknik Telekomunikasi. Kemudian pada tahun 1992, namanya berubah menjadi Politeknik Elektronika Surabaya, dan berubah lagi menjadi Politeknik Elektronika Negeri Surabaya seperti sekarang ini sejak tahun 1996.Pada awal pendiriannya Jurusan Teknik Elektronika mencakup semua kompetensi bidang elektronika yang berupa penguasaan rekayasa elektronika, kontrol dan otomatisasi industri, bidang mekanik-robotika dan juga penguasaan keahlian power elektronik. Untuk meningkatkan profesionalitas, pada tahun 1992 jurusan Elektronika membentuk sebuah program studi Diploma III Teknik Listrik untuk mewadahi kualifikasi dan kompetensi power elektronik. Program studi baru ini memisahkan diri dari jurusan Elektronika dan membentuk jurusan baru Teknik Listrik pada tahun 1997.

Pada tahun 2004 Politeknik Elektronika Negeri Surabaya mendapatkan hibah dari pemerintah Jepang melalui lembaga Japan International Cooperation Agency (JICA) untuk menyelenggarakan program pendidikan Diploma IV. Maka berdirilah program studi Diploma IV Teknik Elektronika bersama dengan program – program studi Teknik Telekomunikasi, Teknik Listrik dan Teknik Informatika.Kemudian pada tahun 2006, jurusan Teknik Elektronika terbagi lagi dengan berdirinya program studi baru Teknik Mekatronika Diploma IV untuk mewadahi kualifikasi dan kompetensi di bidang mekanika-robotika.

Dan sekarang ini jurusan Teknik Elektronika terdiri atas Program Studi Diploma III Teknik Elektronika (masa studi 6 semester), Program Studi Diploma IV Teknik Elektronika (masa studi 8 semester) dan Program Studi Diploma IV Lanjut Jenjang Teknik Elektronika (masa studi 3 semester).

Ketiga Program studi ini menitikberatkan pada mutu lulusan yang kompeten dan memiliki kualifikasi di bidang rekayasa Elektronika dengan perbedaan pada taraf kemampuan analisa dan penyelesaian permasalahan yang lebih tinggi pada program Diploma IV dibandingkan Diploma III.

VISI dan MISI

VISI

Menjadi pusat unggulan pendidikan teknologi rekayasa di bidang emerging technology yang menghasilkan lulusan yang berkualitas dan profesional dengan konsentrasi di bidang instrumentasi elektronika, elektronika industri, sistem kontrol, jaringan sensor, VLSI dan perancangan logika, baik secara nasional maupun internasional.

MISI

Dengan selalu berpijak kepada kepentingan nasional, Prodi DIV Teknik Elektronika menyelenggarakan proses pendidikan untuk menjadi pusat penghasil tenaga profesional di bidang teknologi dengan kemampuan khusus di bidang instrumentasi elektronika, elektronika industri dan sistem otomasi industri.

Dengan selalu mengedepankan wawasan global/internasional dan berpikir positif demi kemajuan teknologi nasional, Prodi DIV Teknik Elektronika aktif dalam mengkaji dan mengembangkan sistem pendidikan di bidang kerekayasaan elektronika dalam rangka pengembangan sistem pendidikan politeknik di Indonesia.

Prodi DIV Teknik Elektronika secara aktif menyelenggarakan penelitian, implementasi teknologi di bidang kerekayasaan elektronika, serta pengabdian pada masyarakat, untuk peningkatkan kualitas hidup manusia.

Prodi DIV Teknik Elektronika berperan aktif dalam mengembangkan dan mengimplementasikan nilai-nilai etika dan moral akademik.

 

TUJUAN PROGRAM STUDI

Era pasar global telah mendorong bangsa Indonesia untuk memiliki kualitas sumber daya manusia yang profesional, kompeten, serta memiliki etika moral yang baik yang dapat bersaing menjadi yang unggul di mata dunia. Dilandasi kondisi era pasar global saat, maka dalam rangka mewujudkan Visi dan Misi Prodi DIV Teknik Elektronika, untuk menetapkan tujuan maka perlu ditetapkan tujuan sebagai berikut:

Menghasilkan lulusan yang memiliki kualifikasi unggul baik dibidang pengetahuan, keterampilan dan sikap, meliputi:

a. Kemampuan perancangan, implementasi, serta inovasi teknologi dibidang instrumentasi elektronika, elektronika industri dan sistem otomasi industri.

b. Memiliki minimal satu sertikat keahlian setingkat regional, nasional maupun internasional.

c. Memiliki kemampuan komunikasi, manajerial, dan organisasi yang baik, memiliki motivasi, integritas, dedikasi tinggi sehingga dapat memuaskan pengguna lulusan, tanpa melupakan kepekaan sosial, serta memiliki tanggung jawab moral yang tinggi.

Mengembangkan komitmen akademik dengan menciptakan proses pendidikan yang berkualitas dan suasana akademik yang baik, bersinergi dengan lingkungan sebagai salah-satu bentuk tanggung jawab sosial.

Menciptakan budaya kreatif, inovatif, dan peka terhadap permasalahan masyarakat, melalui peningkatan kemampuan dan kapasitas riset, penelitian, serta pengabdian masyarakat guna memberi kontribusi nyata bagi bangsa dan negara.

Membangun kualitas dan karakter sumber daya manusia, manajemen dan organisasi yang profesional, melalui contoh dan budi pekerti yang baik bagi seluruh civitas akademika.

 

SASARAN MUTU

I.   Bidang pendidikan dan pelatihan meliputi:

Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dengan sasaran mahasiswa dapat lulus dengan tepat waktu, minimal sejumlah 90% dalam tiap angkatan.
Menciptakan suasana akademik yang baik agar mahasiswa mampu lulus tepat waktu dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) > 3.
Membekali mahasiswa dengan kemampuan komunikasi Bahasa Inggris yang baik, dengan nilai batas TOEFL minimal 450.
Membekali mahasiswa dengan keterampilan melalui pelatihan profesional, dengan target minimal 1 sertifikat keahlian untuk masing-masing lulusan.
Membekali kemampuan softskill, interpersonal, dan pengetahuan tentang budaya perusahaan kepada mahasiswa melalui materi pada perkuliahan dan minimal 1 kegiatan kemahasiswaan tiap semester.
Menyiapkan lulusan dapat dimanfaatkan oleh pengguna, baik skala nasional maupun internasional dalam kurun waktu maksimal 3 bulan setelah kelulusan, dengan cara menyiapkan link website khusus bagi mahasiswa tingkat akhir yang terhubung pada website Unit Job Arrangement System (JAS) PENS serta menyiapkan website Ikatan Alumni Prodi Teknik Elektronika.
Peninjauan kurikulum secara minor dan makro tiap tahun, melalui pembentukkan tim curriculum boardProdi Teknik Elektronika.

Peningkatan kualitas tenaga pengajar melalui studi lanjut maupun pelatihan bersertifikat, dengan target :
a. Seluruh dosen tetap prodi telah memiliki ijazah minimal S2.
b. Sekitar 50% dosen tetap prodi memiliki ijazah S3.
c. Seluruh dosen dan tenaga kependidikan selain dosen prodi telah memiliki minimal 1 buah sertifikat keahlian setingkat nasional.
d. Peningkatan jumlah dosen prodi yang memiliki sertifikat dosen pengajar (SerDos) minimal 90% dari total dosen prodi.

II.  Bidang riset, penelitian, dan pengabdian masyarakat:

Peningkatan jumlah penelitian dosen yang didanai oleh pihak Kemenristek, Dikti, maupun pendanaan institusi PENS, yang melibatkan mahasiswa dan tenaga pendidik lain di lingkungan Prodi DIV Teknik Elektronika. Minimal 90% dosen mendapatkan dana penelitian tiap tahun.
Meningkatkan angka keterlibatan mahasiswa pada setiap kegiatan maupun kompetisi yang bersifat ilmiah, kewirausahaan, maupun penerapan dan penyebaran teknologi. Target yang ingin dicapai sebesar 80% mahasiswa pernah berpengalaman mengikuti beberapa kompetisi misalnya, Kontes Robot, Program Kreatifitas Mahasiswa, Kontes Roket Indonesia, Program Mahasiswa Wirausaha dll.
Mendorong keterlibatan seluruh civitas akademika khususnya pada Prodi DIV Teknik Elektronika untuk turut serta melaksanakan pengabdian masyarakat baik secara individu maupun kelompok, berupa ide, gagasan, karya-cipta, maupun pengetahuan. Dengan target minimal 1 kegiatan pengabdian masyarakat tiap tahun.

III.   Bidang Kelembagaan:

Menyiapkan kelengkapan fasilitas yang berupa ruang, peralatan, ataupun instrumen, dokumen, dll, agar kegiatan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat berjalan dengan lancar, terarah, dan terdokumentasi dengan baik. Target yang diharapkan adalah:
Kelengkapan jumlah modul ajar, modul praktikum, dan modul praktek.
Peningkatan jumlah ketersediaan peralatan, barang-habis, komponen, untuk keperluan proses belajar-mengajar.
Tersediannya dokumen penjaminan mutu pada setiap laboratorium dilingkungan Prodi DIV Teknik Elektronika.

KOMPETENSI LULUSAN

Melalui kurikulum yang telah dirancang, maka setiap lulusan Program Studi Diploma IV Teknik Elektronika (DIV– PSTE) diharapkan memiliki kompetensi utama sbb:

(1) Kompetensi dalam bidang Instrumentasi Elektronika

Menguasai penggunaan bermacam-macam alat ukur dan metode pengukurannya, pengambilan data sebuah sistem dengan berbagai macam sensor, metode perancangan rangkaian driver dan amplifier untuk berbagai macam sensor serta metode pengolahan sinyal masing-masing sensor tersebut, menguasai perancangan dan implementasi instrumentasi sistem analog maupun digital.

(2) Kompetensi dalam bidang Elektronika Industri

Mengerti dan memahami cara kerja, fungsi dan penggunaan berbagai piranti elektronika yang digunakan didalam proses-proses di industri.

(3) Kompetensi dalam Sistem Kontrol baik kontrol konvensional maupun intelligent control (kendali cerdas)

Mengerti dan memahami metode perancangan sistem kontrol, mampu membentuk modul sistem yang terintegrasi dalam melakukan proses kontrol secara keseluruhan.

(4) Kompetensi dalam bidang Jaringan Sensor

Mengerti, memahami dan mampu merancang metode akuisisi data jarak jauh menggunakan metode jaringan sensor.

(5) Kompetensi dalam bidang embedded sistem, VLSI dan Perancangan Logika

Mengerti, memahami dan mampu merancang sistem dengan piranti elektronika digital berbasis integrated circuit baik dalam aspek low level (VLSI) maupun high level  (FPGA) dan mengintegrasikannya dalam sebuah sistem.

Kompetensi nomor 1, 2 dan 3 merupakan kompetensi standar yang biasa dimiliki semua program studi Elektronika dan sejenis di Indonesia. Sedangkan kompetensi nomor 4 dan 5 merupakan kompetensi yang khas dari program studi DIV Elektronika – PENS yang menjadikan prodi DIV – PSTE PENS berbeda dan memiliki keunggulan dibanding prodi– prodi DIV Teknik Elektronika lain di Indonesia.Kompetensi nomor 4 dan 5 juga menunjukkan bahwa kompetensi prodi DIV – PSTE sudah mengacu dan mempertimbangkan kebutuhan industri terutama di bidang otomasi industri dan manufaktur elektronika di masa depan.

Sedangkan kompetensi pendukung yang berfungsi sebagai instrumen pendukung tercapainya kompetensi utama pada DIV – PSTE, diantaranya:

(1) Kompetensi dalam bidang algoritma dan pemrograman komputer

Mengerti dan memahami algorithma dan teknik pemrograman serta bahasa pemrograman yang digunakan di dalam sistem kontrol, pengolahan dan analisa suatu sinyal dari sistem elektronika.

(2) Kompetensi sistem jaringan komputer

Mengerti dan memahami teknik-teknik didalam sistem jaringan komputer serta penggunaannya.

(3) Kompetensi dalam mikroprosesor dan mikrokontroler

Mengerti, memahami dan mampu memanfaatkannya dalam sistem kontrol maupun instrumentasi elektronika.

(4) Kompetensi pengoperasian program-program aplikasi, terutama yang berkaitan dengan aplikasi elektronika

Kompetensi lainnya yang lebih bertujuan untuk memberikan kemampuan yang berhubungan dengan kepribadian, manajerial dan perilaku juga diberikan kepada peserta didik, diantaranya:

1. Mampu memahami norma, tata-nilai moral, agama, etika dan tanggung jawab profesional

2. Mampu berkomunikasi secara efektif

3. Mampu mengerti dan memahami dampak penyelesaian rekayasa elektronika dalam konteks masyarakat baik nasional, regional maupun internasional

4. Mampu mengerti memahami isu-isu keteknikan bidang elektronika khususnya dan bidang teknik elektro secara umum

5. Mampu memanfaatkan dan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (Information and communication technology / ICT).

6. Mampu mengembangkan diri dan mampu berfikir secara logis dan analitis untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi secara profesional.

7. Mampu bekerja sama dan menyesuaikan diri dengan cepat di lingkungan kerja.

8. Mempunyai kemampuan dalam melakukan wirausaha.

Berikut ini mata kuliah dan program pendidikan yang diberikan oleh Program Studi Diploma IV Teknik Elektronika Departemen Teknik Elektro yang telah disesuaikan dengan kebutuhan akademis dan tuntutan dunia kerja:

Semester 1: Tingkat 1 Semester Gasal

Semester 2: Tingkat 1 Semester Genap

Semester 3: Tingkat 2 Semester Gasal

Semester 4: Tingkat 2 Semester Genap

Semester 5: Tingkat 3 Semester Gasal

Semester 6: Tingkat 3 Semester Genap

Semester 7: Tingkat 4 Semester Gasal

Semester 8: Tingkat 4 Semester Genap