CAPAIAN PEMBELAJARAN
DIPLOMA TEKNIK ELEKTRONIKA

SIKAP (S)

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
  3. Berkontribusi dalam meningkatkan mutu kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

PENGETAHUAN (P)

  1. Menguasai konsep teoritis matematis teknik dan fisika terapan terkait dengan praktek instalasi, interpretasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kontrol.
  2. Menguasai pengetahuan tentang teknik pengujian dan pengukuran instrumentasi dan sistem kontrol menggunakan prosedur dan standar IEC.
  3. Menguasai pengetahuan tentang perangkat lunak, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa dan penyelesaian pekerjaan dalam bidang instrumentasi dan sistem kontrol.
  4. Menguasai pengetahuan tentang standar IEC pada bidang instrumentasi dan sistem kontrol.
  5. Menguasai konsep teoritis tentang sains terapan pada bidang instrumentasi dan sistem kontrol.
  6. Menguasai pengetahuan tentang tata cara komunikasi dengan pihak lain dengan memperhatikan etika komunikasi.
  7. Menguasai pengetahuan tentang SOP perbengkelan, aktivitas laboratorium dan K3.

KETRAMPILAN UMUM (KU)

  1. Mampu menyelesaikan pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistem kontrol dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai dengan bidang elektronika.
  2. Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur.
  3. Mampu memecahkan masalah pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistem kontrol didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggungjawab atas hasilnya secara mandiri.
  4. mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih, serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan.
  5. Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovasi pada bidang instrumentasi dan sistem kontrol
  6. Mampu  bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok serta mampu melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistem kontrol yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.
  7. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya , dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri.
  8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistem kontrol yang berada dibawah  tanggung jawabnya dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri.

KETRAMPILAN KHUSUS (KK)

  1. Mampu menerapkan matematika teknik dan fisika terapan kedalam prosedur dan praktek instalasi,  interpretasi instruksi,  pengoperasian, pengujian, pemeliharaan, trouble shooting dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kontrol berdasarkan teorema yang bersesuaian.
  2. Mampu merumuskan alternatif solusi untuk masalah instrumentasi dan sistem kontrol menggunakan standar IEC dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, K3 dan lingkungan.
  3. Mampu merancang dan merealisasikan sistem intrumentasi dan sistem kontrol-proses sederhana yang memenuhi kebutuhan spesifik berdasarkan standar IEC dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, K3 dan lingkungan.
  4. Mampu melakukan pengujian dan pengukuran instrumentasi dan sistem kontrol berdasarkan prosedur dan standar IEC untuk menganalisis, menginterpretasi dan menerapkan sesuai peruntukan.
  5. Mampu menggunakan perangkat lunak, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa dan penyelesaian pekerjaan dalam bidang instrumentasi dan sistem kontrol.

DEPARTEMEN TEKNIK ELEKTRO

POLITEKNIK ELEKTRONIKA NEGERI SURABAYA

Jl. Raya ITS, Sukolilo, Kota Surabaya, 60111

TENTANG KAMI

Sejarah

Fasilitas

© 2018 Politeknik Elektronika Negeri Surabaya | UPT Komputer

Translate