Kompetensi Lulusan

Melalui kurikulum yang telah dirancang, maka setiap lulusan Program Studi Diploma IV Teknik Elektronika (DIV– PSTE) diharapkan memiliki kompetensi utama sbb:

(1) Kompetensi dalam bidang Instrumentasi Elektronika

Menguasai penggunaan bermacam-macam alat ukur dan metode pengukurannya, pengambilan data sebuah sistem dengan berbagai macam sensor, metode perancangan rangkaian driver dan amplifier untuk berbagai macam sensor serta metode pengolahan sinyal masing-masing sensor tersebut, menguasai perancangan dan implementasi instrumentasi sistem analog maupun digital.

(2) Kompetensi dalam bidang Elektronika Industri

Mengerti dan memahami cara kerja, fungsi dan penggunaan berbagai piranti elektronika yang digunakan didalam proses-proses di industri.

(3) Kompetensi dalam Sistem Kontrol baik kontrol konvensional maupun intelligent control (kendali cerdas)

Mengerti dan memahami metode perancangan sistem kontrol, mampu membentuk modul sistem yang terintegrasi dalam melakukan proses kontrol secara keseluruhan.

(4) Kompetensi dalam bidang Jaringan Sensor

Mengerti, memahami dan mampu merancang metode akuisisi data jarak jauh menggunakan metode jaringan sensor.

(5) Kompetensi dalam bidang embedded sistem, VLSI dan Perancangan Logika

Mengerti, memahami dan mampu merancang sistem dengan piranti elektronika digital berbasis integrated circuit baik dalam aspek low level (VLSI) maupun high level  (FPGA) dan mengintegrasikannya dalam sebuah sistem.

Kompetensi nomor 1, 2 dan 3 merupakan kompetensi standar yang biasa dimiliki semua program studi Elektronika dan sejenis di Indonesia. Sedangkan kompetensi nomor 4 dan 5 merupakan kompetensi yang khas dari program studi DIV Elektronika – PENS yang menjadikan prodi DIV – PSTE PENS berbeda dan memiliki keunggulan dibanding prodi– prodi DIV Teknik Elektronika lain di Indonesia.Kompetensi nomor 4 dan 5 juga menunjukkan bahwa kompetensi prodi DIV – PSTE sudah mengacu dan mempertimbangkan kebutuhan industri terutama di bidang otomasi industri dan manufaktur elektronika di masa depan.

Sedangkan kompetensi pendukung yang berfungsi sebagai instrumen pendukung tercapainya kompetensi utama pada DIV - PSTE, diantaranya:

(1) Kompetensi dalam bidang algoritma dan pemrograman komputer

Mengerti dan memahami algorithma dan teknik pemrograman serta bahasa pemrograman yang digunakan di dalam sistem kontrol, pengolahan dan analisa suatu sinyal dari sistem elektronika.

(2) Kompetensi sistem jaringan komputer

Mengerti dan memahami teknik-teknik didalam sistem jaringan komputer serta penggunaannya.

(3) Kompetensi dalam mikroprosesor dan mikrokontroler

Mengerti, memahami dan mampu memanfaatkannya dalam sistem kontrol maupun instrumentasi elektronika.

(4) Kompetensi pengoperasian program-program aplikasi, terutama yang berkaitan dengan aplikasi elektronika

Kompetensi lainnya yang lebih bertujuan untuk memberikan kemampuan yang berhubungan dengan kepribadian, manajerial dan perilaku juga diberikan kepada peserta didik, diantaranya:

1. Mampu memahami norma, tata-nilai moral, agama, etika dan tanggung jawab profesional

2. Mampu berkomunikasi secara efektif

3. Mampu mengerti dan memahami dampak penyelesaian rekayasa elektronika dalam konteks masyarakat baik nasional, regional maupun internasional

4. Mampu mengerti memahami isu-isu keteknikan bidang elektronika khususnya dan bidang teknik elektro secara umum

5. Mampu memanfaatkan dan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (Information and communication technology / ICT).

6. Mampu mengembangkan diri dan mampu berfikir secara logis dan analitis untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi secara profesional.

7. Mampu bekerja sama dan menyesuaikan diri dengan cepat di lingkungan kerja.

8. Mempunyai kemampuan dalam melakukan wirausaha.