Sekilas Program Studi D3 Teknik Elektronika

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya didirikan pada tahun 1988, semula bernama Politeknik Elektronika dan Telekomunikasi dengan dua program pendidikan Diploma III yaitu jurusan Teknik Elektronika dan jurusan Teknik Telekomunikasi. Kemudian pada tahun 1992, namanya berubah menjadi Politeknik Elektronika Surabaya, dan berubah lagi menjadi Politeknik Elektronika Negeri Surabaya seperti sekarang ini sejak tahun 1996.

Pada awal pendiriannya Jurusan Teknik Elektronika mencakup semua kompetensi bidang elektronika yang berupa penguasaan rekayasa elektronika, kontrol dan otomatisasi industri, bidang mekanik-robotika dan juga penguasaan keahlian power elektronik. Untuk meningkatkan profesionalitas, pada tahun 1992 jurusan Elektronika membentuk sebuah program studi Diploma III Teknik Listrik untuk mewadahi kualifikasi dan kompetensi power elektronik. Program studi baru ini memisahkan diri dari jurusan Elektronika dan membentuk jurusan baru Teknik Listrik pada tahun 1997.

Pada tahun 2004 Politeknik Elektronika Negeri Surabaya mendapatkan hibah dari pemerintah Jepang melalui lembaga Japan International Cooperation Agency (JICA) untuk menyelenggarakan program pendidikan Diploma IV. Maka berdirilah program studi Diploma IV Teknik Elektronika bersama dengan program – program studi Teknik Telekomunikasi, Teknik Listrik dan Teknik Informatika.

Kemudian pada tahun 2006, jurusan Teknik Elektronika terbagi lagi dengan berdirinya program studi baru Teknik Mekatronika Diploma IV untuk mewadahi kualifikasi dan kompetensi di bidang mekanika-robotika.

Dan sekarang ini jurusan Teknik Elektronika terdiri atas Program Studi Diploma III Teknik Elektronika (masa studi 6 semester), Program Studi Diploma IV Teknik Elektronika (masa studi 8 semester) dan Program Studi Diploma IV Lanjut Jenjang Teknik Elektronika (masa studi 3 semester).

Ketiga Program studi ini menitikberatkan pada mutu lulusan yang kompeten dan memiliki kualifikasi di bidang rekayasa Elektronika dengan perbedaan pada taraf kemampuan analisa dan penyelesaian permasalahan yang lebih tinggi pada program Diploma IV dibandingkan Diploma III.

 

VISI PROGRAM STUDI

Menjadi pusat unggulan pendidikan teknologi rekayasa di bidang emerging technology yang menghasilkan lulusan yang berkualitas dan profesional dengan konsentrasi di bidang otomasi dan instrumentasi industri berbasis sistem elektronika, baik secara nasional maupun internasional. 

MISI PROGRAM STUDI

1. Dengan selalu berpijak kepada kepentingan nasional, Prodi DIII Teknik Elektronika menyelenggarakan proses pendidikan untuk menjadi pusat penghasil tenaga profesional di bidang teknologi dengan kemampuan khusus di bidang otomasi dan instrumentasi industri berbasis sistem elektronika. 

2. Dengan selalu mengedepankan wawasan global/internasional dan berpikir positif demi kemajuan teknologi nasional, Prodi DIII Teknik Elektronika aktif dalam mengkaji dan mengembangkan sistem pendidikan di bidang kerekayasaan elektronika dalam rangka pengembangan sistem pendidikan politeknik di Indonesia. 

3. Prodi DIII Teknik Elektronika secara aktif menyelenggarakan penelitian, implementasi teknologi di bidang kerekayasaan elektronika, serta pengabdian pada masyarakat, untuk peningkatkan kualitas hidup manusia. 

4. Prodi DIII Teknik Elektronika berperan aktif dalam mengembangkan dan mengimplementasikan nilai-nilai etika dan moral akademik.

TUJUAN PROGRAM STUDI

Era pasar global telah mendorong bangsa Indonesia untuk memiliki kualitas sumber daya manusia yang profesional, kompeten, serta memiliki etika moral yang baik yang dapat bersaing menjadi yang unggul di mata dunia. Dilandasi kondisi era pasar global saat, maka dalam rangka mewujudkan Visi dan Misi Prodi DIII Teknik Elektronika, maka perlu ditetapkan tujuan sebagai berikut:

1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kualifikasi unggul baik dibidang pengetahuan, keterampilan dan sikap, meliputi:

a) Kemampuan implementasi, troubleshooting serta inovasi teknologi di bidang otomasi dan instrumentasi industri berbasis sistem elektronika.

b) Memiliki minimal satu sertikat keahlian setingkat regional, nasional maupun internasional.

c) Memiliki kemampuan komunikasi, manajerial, dan organisasi yang baik, memiliki motivasi, integritas, dedikasi tinggi sehingga dapat memuaskan pengguna lulusan, tanpa melupakan kepekaan sosial, serta memiliki tanggung jawab moral yang tinggi.

2. Mengembangkan komitmen akademik dengan menciptakan proses pendidikan yang berkualitas dan suasana akademik yang baik, bersinergi dengan lingkungan sebagai salah-satu bentuk tanggung jawab sosial. 

3. Menciptakan budaya kreatif, inovatif, dan peka terhadap permasalahan masyarakat, melalui peningkatan kemampuan dan kapasitas riset, penelitian, serta pengabdian masyarakat guna memberi kontribusi nyata bagi bangsa dan negara.

4. Membangun kualitas dan karakter sumber daya manusia, manajemen dan organisasi yang profesional, melalui contoh dan budi pekerti yang baik bagi seluruh civitas akademika.

SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIAN

Sasaran dan strategi pencapaian tujuan DIII–PSTE adalah sebagai berikut:

1. Sasaran untuk tujuan “Menghasilkan lulusan yang memiliki kualifikasi unggul baik dibidang pengetahuan, keterampilan dan sikap” yaitu:

a) Terwujudnya pendidikan yang bermutu yang memenuhi standar yang ditetapkan. 

Strategi untuk mencapai sasaran tersebut meliputi:

1) Tinjau ulang perangkat kurikulum dan implementasinya.

2) Pemenuhan dan peningkatan mutu sumberdaya pembelajaran.

3) Penjaminan mutu proses pembelajaran. Peningkatan layanan advokasi mahasiswa.

b) Menghasilkan lulusan yang berdaya saing. 

Strategi untuk mencapai sasaran tersebut meliputi:

1) Program sertifikasi kompetensi untuk mahasiswa.

2) Peningkatan kemampuan softskill mahasiswa.

2. Sasaran untuk tujuan “Mengembangkan komitmen akademik dengan menciptakan proses pendidikan yang berkualitas dan suasana akademik yang baik, bersinergi dengan lingkungan sebagai salah-satu bentuk tanggung jawab sosial” yaitu terwujudnya suasana akademik yang kondusif untuk mencapai program studi yang unggul. Strategi untuk mencapai sasaran tersebut meliputi:

1) Implementasi penjaminan mutu proses pembelajaran 

2) Program meminimalisasi keluhan civitas akademika.

3) Program peningkatan kinerja SDM dan layanan.

3. Sasaran untuk tujuan ”Menciptakan budaya kreatif, inovatif, dan peka terhadap permasalahan masyarakat, melalui peningkatan kemampuan dan kapasitas riset, penelitian, serta pengabdian masyarakat guna memberi kontribusi nyata bagi bangsa dan negara“ yaitu:

a) Peningkatan mutu, jumlah, dan relevansi penelitian. 

Strategi untuk mencapai sasaran tersebut meliputi:

1) Program peningkatan minat dan jumlah penelitian. 

2) Program peningkatan mutu terkait dengan proses kegiatan penelitian 

b) Peningkatan mutu, jumlah, dan relevansi pengabdian kepada masyarakat. 

Strategi untuk mencapai sasaran tersebut meliputi:

1) Program peningkatan minat dan jumlah pengabdian kepada masyarakat.

2) Program peningkatan mutu terkait dengan proses kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

c) Peningkatan mutu dan relevansi kegiatan kemahasiswaan yang menunjang kompetensi dan daya serap lulusan. 

Strategi untuk mencapai sasaran tersebut meliputi:

1) Program menumbuhkan sikap kepemimpinan, profesionalitas,  kepekaan dan kepedulian sosial sebagai insan akademik  

2) Program pembinaan dan peningkatan prestasi unggul dalam bidang wirausaha

3) Program pembinaan dan peningkatan prestasi unggul dalam minat dan bakat mahasiswa

4. Sasaran Strategis untuk tujuan” Membangun kualitas dan karakter sumber daya manusia, manajemen dan organisasi yang profesional, melalui contoh dan budi pekerti yang baik bagi seluruh civitas akademika”, meliputi :

a) Tinjau ulang silabus dan SAP yang mengintegrasikan pendidikan karakter. 

Strategi untuk mencapai sasaran tersebut melalui pemantauan dan tinjau ulang silabus dan SAP yang mengintegrasikan pendidikan karakter secara berkala.

b) Peningkatan kemampuan manajemen bagi dosen dan tenaga kependidikan 

Strategi untuk mencapai sasaran tersebut melalui pelatihan manajemen dan staff gathering.

c) Implementasi dan pengembangan mutu pengelolaan pembelajaran. 

Strategi untuk mencapai sasaran tersebut meliputi:

1) Implementasi penjaminan mutu pengelolaan pembelajaran

2) Evaluasi kinerja program studi secara komprehensif dan peningkatan mutu pengelolaan