Pengabdian Kepada Masyarakat Program Studi Teknik Elektronika

Sabtu, 28 November 2020 – Program Studi Teknik Elektronika telah mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di desa Senganten, Kec. Gondang, Kab. Bojonegoro. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk kepedulian Program Studi Teknik Elektronika pada petani bawang merah pada desa tersebut. “Selama ini, tanaman bawang merah kami sering diserang hama ulat, sehingga menyebabkan hasil panen kami kurang maksimal”, ujar salah satu petani desa senganten. Oleh karena itu Program Studi Teknik Elektronika memberikan bantuan berupa alat pembasmi hama dengan memanfaatkan teknologi panel surya.

“Prinsip kerja utama alat ini adalah memutus siklus hidup ulat dengan menjebak indukan ulat (kupu-kupu kecil) dengan cahaya dan air. Tentunya untuk memudahkan petani, teknologi ini dilengkapi panel surya sehingga petani tidak perlu mengalirkan listrik dari PLN”, ujar salah satu tim teknis.

Proses pemasangan alat ini membutuhkan waktu dari jam 09.00 WIB hingga jam 14.00 WIB, dimulai dari pemasangan panel surya, aki, kontroller dan lampu. Alat ini telah diuji selama 3 hari, dan sistem dapat berjalan dengan baik.

Program Studi Teknik Elektronika berharap, alat ini dengan signifikan bisa mengurangi hama yang menyerang tanaman bawang merah milik petani sehingga hasil panen bisa maksimal. (NT)